PEMBINAAN PENGURUS

20.45

Tema kegiatan yang kami usung kali ini adalah "BENTANGKAN SAYAP MENUJU MASA DEPAN DIRI DAN OMK" . Ini merupakan program kerja kami yang ke-4 setelah kegiatan Valentine OMK tanggal, Lokakarya Kepemimpinan (LK), Ziarah ke Gua Maria Toho, dan Ibadat Keliling OMK. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu tanggal 21 juni 2008 sampai dengan hari minggu tanggal 22 juni 2008, bertempat di Rumah Retret Constantine (RRC), kecamatan Sungai Ambawang kabupaten Kubu Raya. Kegiatan ini merupakan pelatihan Pembinaan Khusus Pengurus Inti dan Seksi-seksi penggerak Orang Muda Katholik Paroki Stellamaris Siantan.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari, yang di ikuti oleh 2 orang pengurus inti OMK yang terlibat dan 8 orang yang di pilih dalam beberapa seksi OMK serta 9 orang anggota OMK yang aktif, 4 fasilitator yang merupakan senior sekaligus mantan ketua OMK yang masih peduli dengan kegiatan OMK dan seorang pastor pendamping yang baru saja bergabung dengan paroki Stellamaris yakni Pr. Givan. Jadi total keseluruhan yang ikut terlibat dalam kegiatan tersebut adalah 24 orang.

Kegiatan ini di mulai dengan Doa bersama di Aula yang telah di sediakan pengelola penginapan dan dilanjutkan dengan dialog bersama sebagai suatu acara pembukaan sharing OMK. Di dialog tersebut, para peserta di ajak untuk mendalami arti OMK itu sendiri. Bukan hanya dalam sudut pandang Orang Muda Katholik saja, tapi juga untuk semua kalangan baik Depan Pastoral Paroki, Wanita Katholik, Anak-Anak Bina Iman (Sekolah Minggu), Para anggota Putra Putri Altar (Misdinar) sampai pada Lingkungan di Luar Paroki itu sendiri. Dialog kami ini begitu menggugah ketertarikan kami akan bagaimana menyikapi sejauh mana keterlibatan kami akan nasib kaum muda yang berada di wilayah Paroki Stellamaris Siantan. Kami mengadakan acara temu pendapat seperti kegiatan kali ini dengan harapan dapat membantu kami menyikapi segala persoalan yang ada di sekitar kami saat ini.

Kegiatan ini merupakan salah satu eksistensi kami dalam membangun sistem kerja OMK yang kian terstruktur. Ini juga merupakan wadah supaya OMK menjadi salah satu media Orang Muda untuk berkarya dalam jasa supaya bagaimana nantinya berguna bagi sesama dan menjadi salah satu penggerak Organisasi yang terorganisir dan jelas keberadaannya di tengah-tengah masyarakat gereja. Kami membangun komitmen tersebut bersama-sama walaupun dengan latar belakang yang berbeda satu dengan yang lain.

Dialog berlanjut pada pengembangan diri para peserta kegiatan pembinaan pengurus. Para peserta di ajak mengenal diri sendiri dan individu lain disekitarnya. Dalam dialog ini juga di adakan sharing kelompok sekitar 15 menit dan dipresentasikan setelah makan malam di mulai. Setelah memasuki jam 15.00 sore, para peserta di ajak oleh fasilitator untuk kegiatan Outbound (kegiatan luar ruangan). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa saling percaya antar pengurus dalam menjalankan tugasnya masing-masing dan bagaimana cara bertanggung jawab dan bersikap bijaksana dalam memutuskan suatu persoalan. Outbound dilaksanakan tidak jauh dari tempat penginapan dan dibagi dalam 3 pos. Pos pertama bersifat uji Imajinasi dengan ketabahan (mengisi air dengan cara berkelompok dalam pipa yang bocor), pos kedua bersifat membentuk Kepercayaan pada Rekan Kerja (Menjatuhkan diri dari atas balkon aula dan disambut kelompoknya), dan pos ketiga sarat dengan kekompakan tim (menaiki tembok 3 meter dengan bantuan masing-masing kelompok)

Setelah kegiatan outbound selesai, kami diminta untuk membersihkan diri (mandi) serta melakukan kegiatan pribadi sebelum melakukan makan malam bersama. Setelah tepat jam 18.30 wib, kami mengadakan makan malam bersama di ruang makan. tapi sebelum menyantap hidangan di mulai, kami beroa bersama dan di pimpin langsung oleh Pastor Givan selaku pembimbing kami. Selama makan malam bersama di lakukan, kami diwajibkan untuk "silentium" artinya makan tanpa mengeluarkan suara sedikitpun.

Setelah makan malam selesai, kami memulai presentasi dialog kami tadi siang sesuai dengan apa yang kami ingin angkat dalam keterlibatan kami sebagai pengurus OMK. Dalam dialog, kami juga di ajak untuk tanya jawab berkelompok. Dan setelah puncak dalam kegiatan berdialog mengalami langkah yang memuaskan dan dapat di ambil kesimpulannya. Ini merupakan komitmen bersama bahwa kegiatan yang hanya berlangsung 2 hari dapat menghasilkan perubahan besar untuk para pengurus OMK agar tetap menjaga kualitas dan tanggung jawab.

Setelah acara dialog menemukan titik terang dan kesimpulan yang bermakna bagi perkembangan kegiatan Orang Muda Katholik nantinya. maka kami melanjutkan acara tersebut dengan renungan sesaat sekitar 30 menit dan dilanjutkan dengan malam keakraban sekaligus acara selamat datang sebagai penyambutan pastor Givan selaku pembimbing harian kami yang baru. Kami hanya berharap, kegiatan pengembangan diri para OMK tidak hanya berakhir sampai disini saja, tetapi terus menjadi penggerak serta penyaring kegiatan OMK yang menuju hal positif. Berikut ini merupakan daftar nama Panitia Persiapan Kegiatan Pembinaan Pengurus dan Retret:

Ketua : Andy BF
Sekretaris : Andri
Bendahara : Vincent
Dokumentasi : Epenk, Angga
Perlengkapan: Gilbert, Novi
Pendataan : Amandus
Kontribusi Peserta : Rp10.000/orang

Related Posts :