BAKSOS

02.49

Baksos kali ini dilaksanakan saat Hari Ulang Tahun OMK Stellamaris Siantan yang jatuh pada tanggal 9 agustus 2008. Ketua pelaksana untuk kegiatan kali ini adalah Firmindus Armindo, salah satu mantan ketua dalam kepengurusan untuk periode 2005-2007. Kegiatan kali ini diselenggarakan berdasarkan program Seksi Sosial OMK, kegiatan ini berlangsung satu hari dan bertempat di panti asuhan Supadio, kabupaten Kubu Raya. Para OMK Stellamaris Siantan melakukan kegiatan ini untuk peringatan Hari Ulang Tahun OMK yang masuk pada bulan Agustus.

Tidak hanya membagi-bagikan sembako pada orang-orang miskin disekitar kawasan tersebut, tetapi juga mengunjungi panti jompo. Kami membaur diantara mereka dan mencoba merasakan apa yang mereka keluhkan selama ini. Kami seperti keluarga besar yang baru menyempatkan diri untuk bertemu setelah sekian lama, walaupun sebenarnya kami baru saja mengenal diri masing-masing. Tetapi hal tersebut kami tepis jauh sebelum kami berniat untuk mengunjungi mereka disana. Mereka sangat ramah ketika kami mengadakan tanya jawab. Seakan-akan kerinduan mereka untuk bercengkarama muncul dengan sendirinya.

Kami melihat kerut wajah bening itu memunculkan niat untuk menjalin keakraban dengan kami, para Orang Muda Katholik. Disisi lain pula, mereka merasa dikucilkan para keluarga yang menganggap diri mereka sudah tidak sanggup untuk mengerjakan pekerjaan mereka sendiri. Kami berbagi cerita bersama. Kami berusaha menghibur mereka. Walaupun mereka sudah renta, mereka juga pasti pernah muda seperti kita.

Saat hari sudah hampir sore, kami pamit kepada mereka yang ada disitu, terlebih pada suster yang sudah bersedia menyempatkan diri untuk menjadi pemandu kami. Kami mengabadikan diri kami sebelum meninggalkan Panti Jompo di Supadio. Kami berharap, walaupun kami nanti akan tinggal terpisah satu dengan yang lain, kami wajib untuk mengingat kegiatan ini. Kegiatan yang dapat menyatukan hati setiap OMK, bukan hanya di Paroki Stellamaris Siantan saja, tetapi juga di seluruh kawasan Indonesia. Amin.

Related Posts :